Septictank

Buku yang ditulis oleh Pandji Pragiwaksono berisi cerita pengalaman mulai masuk ke dunia politik, pelajaran yang dia dapat selama berpolitik, dan pandangannya tentang bagaimana seharusnya berdemokrasi. Sebenarnya ini adalah judul stand up special oleh penulis sendiri. Selain dijual dalam bentuk digital download, materi juga disampaikan dalam bentuk buku. Tinggal kita lebih suka membaca atau melihat. Keduanya menurut saya sama-sama bisa dinikmati. Karena bahasanya ditulis dengan ringan dan mengalir.

Pertama seperti biasa saya akan mengulas tentang ‘penampilan’. Penuh warna. Berisi tidak hanya tulisan tapi diberikan juga ilustrasi yang menarik. Beberapa halaman hanya berisi tulisan, beberapa halaman menggunakan background sketsa kota jakarta, beberapa halaman menampilkan highlight dari bahasan saat itu. Selain kalimat penting yang ditampilkan terpisah, juga terdapat kalimat yang seperti di-stabilo untuk menunjukkan bahwa kalimat tersebut perlu diingat. 

Selanjutnya adalah konten. Menggunakan judul yang cukup konfrontatif yaitu septictank. Kalau dari beberapa wawancara youtube dengan penulis, alasan menggunakan istilah itu adalah karena ketika masuk ke politik mau gak mau kita pasti terkotori seperti ketika kita nyemplung ke septictank. 

Dengan 194 halaman dan 24 bab, buku ini ditulis dengan bahasa yang sangat mudah dipahami. Sehingga bisa dibaca ketika di kereta atau saat menunggu antrian atau ketika istirahat tapi ingin tetap bermanfaat. Informatif tapi cukup menghibur. 

Ada beberapa hal yang ditekankan penulis pada buku ini yaitu bagaimana seharusnya kita supaya bisa berdemokrasi dengan baik. Penulis memberi judul bab Starter Pack Demokrasi dan Starter Pack Politik. Sekali lagi ini adalah hasil olah pikir dan pendapat penulis. Silahkan kalau setuju, kalaupun tidak, ya silahkan juga.

Ok untuk Starter Pack Demokrasi penulis berpendapat ada 6 hal yang diperlukan supaya kita bisa berdemokrasi dengan baik, antara lain :

  1. Pendidikan yang merata
  2. Kemampuan dalam bekerja sama dalam perbedaan
  3. Kemauan menerima perbedaan
  4. Kemauan untuk memahami sebelum membenci
  5. Kemauan bertutur dan berbahasa
  6. Kesediaan menjadi jembatan

Sedangkan untuk Starter Pack Politik, penulis berpendapat ada 4 yaitu :

  1. Penguasaan terhadap suatu isu secara mendalam
  2. Dukunglah orang yang sudah pernah terjun ke dunia politik sebelum mencalonkan diri sebagai anggota dewan
  3. Disiplin ilmu yang sesuai
  4. Caleg itu membawa visi bukan mimpi

Buku yang cukup menarik karena berdasarkan pengalaman pribadi dan disampaikan dengan cukup apa adanya. Tidak menyudutkan salah satu pihak atau menjelek-jelekkan pihak lain.

Karena menceritakan dunia politik di Indonesia dengan “menyenangkan”, maka saya memberi 4 bintang untuk buku ini.

 

Leave a comment