Hidup itu Harus Pinter Ngegas Ngerem

Saya termasuk penggemar Cak Nun, baik tulisannya maupun dialognya di forum seperti Maiyah atau Padhang Mbulan yang diadakan sebulan sekali. Menurut pandangan saya ilmu yang disampaikan memerlukan pemahaman yang dalam tapi dia bisa menyampaikannya dengan bahasa rakyat sehingga masyarakat berbagai level dapat memahami maksudnya.

Beberapa buku karangannya saya coba koleksi, pandangan yang disampaikan beragam mulai dari politik, spiritual, budaya, maupun sosial. Setiap isu yang ditanggapi selalu dilihat dari banyak kaca mata dan dibahas secara komprehensif dengan prinsip agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Salah dua buku yang membahas spiritual lebih dalam adalah Sedang Tuhanpun Cemburu dan Hidup itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem.

Buku ini baru selesai saya baca dan memang baru saya beli. Seperti biasa pandangannya bukan lagi di level syariat, tapi sudah lebih dalam dari itu. Syariat adalah level pemula dalam ilmu tasawuf. Tingkatan setelahnya adalah tarikat, hakikat, makrifat. Nah di sini Cak Nun memberikan definisi keempatnya melalui analogi sehingga lebih mudah dipahami.

Seperti yang selalu disampaikannya dalam setiap forum-forum adalah masing-masing dari kita punya peran yang berbeda-beda, terima peran yang Alloh amanatkan, jalankan amanat sesuai dengan petunjuk yang difirmankan-Nya di Kitabulloh, hargai peran masing-masing tanpa menganggap rendah satu dengan yang lainnya.

Saya memilih 5 bintang bukan karena saya memfavoritkannya tapi lebih pada apa yang disampaikannya adalah ajaran Islam yang seharusnya selalu dipegang kita sebagai manusia sebagai khalifah sebagai hamba Alloh.

Leave a Reply

